Rabu, 11 Desember 2013

Cara membuat tutorial RUANGAN menggunakan 3DS MAX

 

Langkah pertama adalah kita menyiapkan sebuah file 3DSMAX dengan nama

ruangan.max,simpan file tersebut didalam directory.


1.   TEMBOK

Buatlah Wall atau Tembok


Isi parameter

Width : 5 cm

Height : 96.0 cm

2.     Pintu

1. Urutannya seperti pada gambar berikut :

Create>AEC Object>Pivot Door atau langkah yang lain seperti urutan

yang ada digambar bawah ini :




·   Setelah sampai pada tahap no 3 yaitu klik pivot kemudian klik pada

viewport top(langkah no 4)

3.     Jendela

1. Urutannya seperti pada gambar berikut :

Create>AEC Object>Awning window atau langkah yang lain seperti

urutan yang ada digambar bawah ini :


4.      Lantai

Kita menggunakan plane dalam pembuatannya. Langkahnya seperti gambar

dibawah ini :

Create>standard primitives>plane atau langkah yang lain seperti

urutan yang ada digambar bawah ini :





Simpan project ini, ruangan.max dalam directory yang sudah ditentukan.



5.      Teksturing Tembok

Pertama select bagian tembok atau wall, kemudian urutan langkahnya seperti

gambar dibawah ini.




Keterangan urutan :

1. tombol untuk memunculkan material editor

2. pilih salah satu material slot

3. beri nama material tersebut yaitu : tembok

4. pada kolom difuse klik pada kotak yang dilingkari

5. pilih warna seperti gambar diatas 6. kemudian close panel color selector 7. tombol untuk mengaplikasikan material yang telah kita buat ke bagian yang telah terselect yaitu tembok.



6. Teksturing Pintu

Sebelum membuat pintu kita perlu membuat materialnya dahulu, langkahlangkahnya

seperti gambar dibawah :





 

Keterangan urutan :

1. buat material baru

2. beri nama pintu

3. klik tombol get material

4. klik material library

5. kemudian klik open untuk mencari material Aec template material yang ada

    di directori matlibs

6. kemudian pilih Aec Templates.mat

7. klik open



·   Setelah itu drag drop material Door - Templates kedalam slot

material pintu, atau double clik Door templates · Kemudian aplikasikan material pintu tersebut kebagian pintu.


7.  Teksturing Jendela

Langkah-langkahnya sama pada pembuatan maerial pintu seperti diatas

Tapi kita menggunakan Window – Templates material, seperti gambar dibawah :




Setelah membuat material dengan nama candela kita aplikasikan material tersebut pada bagian candela satu persatu.


Sehingga hasil sementara adalah sebagai berikut :






8.              Teksturing Jendela


1. Pilih object yang akan diberi texture ( lantai)

2. Buka metrial editor (tekan tombol “M” pada keyboard)


Gambar material editor


Keterangan:

1. pilih salah satu material pada material editor yang masih kosong

2. klik pada tombol diffuse

3. window material/map browser keluar

4. klik dua kali pada bitmap untuk memberikan map lantai

9. Pembuatan Sofa

1. Urutannya seperti pada gambar berikut :

Create>extended primitives>ChamFerBox atau langkah yang lain seperti

urutan yang ada digambar bawah ini :



Kemudian kita tinggal menduplikasi sofa , menjadi  bagian.seperti

yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Gambar Sofa

Sehingga hasil sementara adalah sebagai berikut :


9.   Meja Tamu


Langkah pertama adalah kita menyiapkan sebuah file 3DSMAX dengan nama meja.max,simpan file tersebut didalam directory komputer.

1. Buatlah box atau kotak: Create>Standard Primitives>Box

seperti yang terlihat dalam gambar berikut :




Atau langkah yang lebih mudah seperti yang terlihat dalam urutan angkaangka

yang terlihat dalam gambar dibawah ini :

Gambar urutan membuat box dengan keyboard entry

Isilah dalam Keyboard Entry, untuk menentukan dimensi dari meja yang dibuat.


Length : 80 cm

width : 60 cm

height : 3 cm

lalu tekan create Bagian ini adalah membuat bagian atas atau papan dari meja tersebut.

2. Ternyata papan meja yang kita buat menurut penulis masih kurang panjang,

kita dapat memodifikasi papan yang kita buat dengan action Modify

Dengan keadaan papan meja tersebut ter-select lakukan modify seperti

gambar berikut.


Gambar urutan memodifikasi box


Isilah dalam Parameter, untuk memodifikasi papan yang kita buat

Length : 120 cm

width : 60 cm

height : 3 cm

3. membuat kaki meja, dibuat dengan menggunakan cylinder, langkah-langkahnya

sama seperti pada pembuatan box diatas.


Gambar urutan membuat cylinder dengan keyboard entry


Ukurannya adalah sebagai berikut :

Keyboard entry :

Radius : 3 cm

Height : 50 cm

Parameter :

Radius : 3 cm

Height : 50 cm

Height segmen : 1

Cap segment : 1

Sides : 18


4. Lakukan modify cylinder tersebut agar mempunyai bentuk yang agak

mengerucut dengan modify Taper. Langkahnya seperti gambar berikut ini.

Gambar ... urutan memodifikasi cylinder

Lalu kita duplikat kaki meja tersebut menjadi 4 :

Seperti ini :





5. Geser box atau papan meja tersebut ke atas dengan menselect box tersebut,

geser kearah sumbu z : sejauh 37 cm


6. setelah itu seleksi semua bagian dari meja tersebut, kemudian rename object.



Gambar

·    pada bagian Base Name berikan nama meja

·    pada option Numbered beri check untuk

menentukan urutan nama-nama pada

object yang telah kita rename misalnya

meja01, meja02, meja03, dst.

·    Setelah itu tekan tombol Rename

·    Setelah itu close panel seperti gambar

disamping dengan menekan tombol silang



















 



7 . Masih menselect semua bagian, langkah selanjutnya adalah Group semua bagian itu menjadi satu object. Beri nama meja ruang tamu








8. save file yang kita buat, meja.max dalam  directori yang telah kita buat

sebelumnya . Kita sudah selesai menyelesaikan satu bagian dari ruang tamu

yaitu meja ruang tamu.


9.  Menggabungkan objek


1. Buka file ruangan.max

2. klik pada perspective viewport

3. tekan tombol F3 pada keyboard untuk menampilkan wareframe pada viewport

4. merge file kursi.max yang telah tersimpan pada computer


Keterangan:

1. klik File pada kiri atas program

2. klik merge


5. cari file kursi.max pada computer yang telah tersimpan

6. klik open, window merge muncul





Keterangan:

1. klik pada nama kursi

2. klik OK

7. Lakukan dengan metode yang sama pada object meja,

Hasilnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar