Senin, 21 Oktober 2013

fisika2

Pengertian Massa
Massa dalam IPA adalah sifat fisika dari suatu benda, yang secara umum dapat digunakan untuk mengukur banyaknya materi yang terdapat dalam suatu benda. Dalam sistem SI, massa diukur dalam kilogram. Berbeda dengan berat, massa disetiap tempat selalu sama. Misalnya: massa kita ketika di bumi dan di bulan sama, akan tetapi berat kita di bumi dan di bulan berbeda.Mula-mula satuan massa didefinisikan sebagai massa 1 liter air murni pada suhu 4 derajat Celcius. Setelah itu, ditetapkan standar massa satu kilogram dalam SI sama dengan massa sebuah silinder platinum iridium yang disimpan di lembaga berat dan ukuran internasional di Paris, Perancis.
Zat Adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.
 
Watt (simbol: W) adalah satuan turunan SI untuk daya. 1 Watt didefinisikan sebagai 1 joule dibagi 1 detik (1 J/d), atau dalam satuanlistrik , satu volt ampere (1 V•A).

  Raksa (air raksa/merkuri) merupakan unsur logam yang sangat berat. Logam ini berbentuk cair pada suhu ruangan, mengkilap, berwarna putih keperakan, mudah menguap pada suhu kamar, dan tidak berbau. Raksa terbentuk secara alami di alam dan terdapat dalam berbagai bentuk. Dalam bentuk murni  raksa dikenal sebagai “logam” raksa (Hg (O) atau HgO). Di alam, raksa dibebaskan dari gunung berapi, penguapan dari tanah dan permukaan air,  melalui endapan mineral, dalam batu bara dan kebakaran hutan.

Definisi koefisien. Koefisien berasal dari bahasa latin yaitu bersama-sama, sedangkan efficiens yaitu menghitung. Koefisien merupakan bagian numeric atau bilangan (konstan) hasil hitungan. Misalnya, koefisien gesekan, koefisien muai panjang, koefisien muai luas, koefisien muai volum, dan koefisien tekanan.
Koefisien merupakan bagian suku yg berupa bilangan atau konstan, biasanya dituliskan sebelum lambang peubah, spt angka 2 dalam 2 x atau dalam 2 (x + y).
Dalam biologi koefisien berarti perbandingan berat antara bagian tumbuhan di dl tanah dan bagian yg di atas tanah. Dinyatakan dalam koefisien akar.
Panas adalah energi yang diterima oleh benda sehingga suhu benda atau wujudnyaberubah.Ukuran jumlah panas dinyatakan dalam notasi British Thermal Unit (BTU).  
1. Konduksi
Pada konduksi perpindahan energi panas (kalor) tidak di ikuti dengan zat perantaranya. Misalnya saja anda menaruh batang besi membara ke batang besi lain yang dingin.
2. Radiasi
Merupakan proses terjadinya perpindahan panas (kalor) tanpa menggunakan zat perantara. Perpindahan kalor secara radiasi tidak membutuhkan zat perantara,
3. Konveksi
Merupakan perpindahan kalor (panas) yang disertai dengan berpindahnya zat perantara
Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.
Kapasitas kalor (C) adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu seluruh benda sebesar satu derajat. Rumus kapasitas kalor :
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar